Hans Christian Gram - Bakteriologi Denmark

Hans Christian Gram - Ahli Bakteriologi DenmarkHans Christian Joachim Gram (September 13, 1853 - November 14, 1938) adalah seorang bakteriologi Denmark. Dia adalah anak dari Frederik Terkel Julius Gram, seorang profesor hukum, dan Louise Christiane Roulund. Gram belajar botani di University of Copenhagen dan asisten dalam botani untuk ahli zoologi Japetus Steenstrup. Studinya tanaman memperkenalkannya kepada dasar-dasar farmakologi dan penggunaan mikroskop.

Ia masuk sekolah kedokteran pada tahun 1878 dan lulus pada tahun 1883. Dia melakukan perjalanan di seluruh Eropa antara 1878 dan 1885. Di Berlin, pada tahun 1884, ia mengembangkan metode untuk membedakan antara dua kelompok utama bakteri. Teknik ini, noda Gram, terus menjadi prosedur standar dalam mikrobiologi medis. Pada tahun 1891, Gram menjadi dosen di farmakologi, dan kemudian tahun itu diangkat sebagai profesor di University of Copenhagen. Pada tahun 1900 ia mengundurkan diri kursinya dalam farmakologi untuk menjadi profesor kedokteran.

Karya yang mendapat reputasi internasional Gram adalah pengembangan metode pewarnaan bakteri , untuk membuatnya lebih terlihat di bawah mikroskop . Noda kemudian memainkan peran utama dalam mengklasifikasikan bakteri . Gram adalah orang yang sederhana, dan dalam publikasi awalnya ia berkata, "Karena itu saya telah menerbitkan metode ini, meskipun saya sadar bahwa itu masih sangat rusak dan tidak sempurna; tetapi diharapkan juga di tangan penyelidik lain itu akan ternyata bermanfaat. " Pewarnaan Gram dibuat menggunakan pewarnaan utama kristal ungu dan countartain safranin . Bakteri yang berubah menjadi ungu ketika bernoda disebut 'Gram-positif', sedangkan yang berubah merah ketika bernoda disebut 'Gram-negatif'.

Pekerjaan awal Gram berkaitan dengan penelitian sel darah merah pada pria. Dia adalah orang pertama yang mengakui bahwa makrosit adalah karakteristik anemia pernisiosa. Gram diangkat sebagai profesor kedokteran di University of Copenhagen pada tahun 1900. [2] Sebagai seorang profesor, ia menerbitkan empat volume ceramah klinis yang menjadi banyak digunakan di Denmark . Ia pensiun dari Universitas Kopenhagen pada tahun 1923, dan meninggal pada tahun 1938.