Ynés Mexía - Ynés Enriquetta Julietta Mexía

Ynés Mexía Biography - Ynés Enriquetta Julietta MexíaYnes Mexia yang bernama lengkap Ynés Enriquetta Julietta Mexía (24 Mei 1870 - 12 Juli 1938) adalah seorang ahli botani Meksiko-Amerika yang dikenal karena koleksi spesimen tanaman baru dari daerah Meksiko dan Amerika Selatan. Dia menemukan genus baru Compositae dan bisa dibilang adalah kolektor tanaman paling sukses di masanya. Mexia memulai karirnya pada usia 55 dengan perjalanan 1925 ke Meksiko barat di bawah pengawasan Roxanna Ferris , seorang ahli botani di Universitas Stanford. Mexía jatuh dari tebing dan terluka, menghentikan perjalanan, yang menghasilkan 500 spesimen, termasuk beberapa spesies baru. Spesies pertama yang dinamai menurut namanya, Mimosa mexiae , ditemukan pada perjalanan ini.

Selama 12 tahun berikutnya, ia melakukan perjalanan ke Argentina , Chili , Gunung McKinley (tahun 1928), Brasil (tahun 1929), Ekuador (tahun 1934), Peru dan Selat Magellan (tahun 1935), dan Meksiko barat daya (tahun 1937) pada tujuh perjalanan pengumpulan yang berbeda, menemukan satu genus baru, Mexianthus , dan banyak spesies baru di antara total 150.000 sampelnya. Ia sering bepergian sendirian, yang jarang terjadi pada wanita di abad ke-20. Selama perjalanannya ke Meksiko Barat, ia mengumpulkan lebih dari 33.000 sampel, termasuk 50 spesies baru. Di Ekuador, Mexía bekerja dengan Biro Industri dan Eksplorasi Tanaman, bagian dari Departemen Pertanian Ekuador. Di sana, ia mencari pohon aren, cinchona , dan rempah-rempah yang mengikat tanah. Meksiko pernah melakukan perjalanan menyusuri Sungai Amazon ke sumbernya di pegunungan Andes dengan seorang pemandu dan tiga pria lainnya dalam sebuah kano. Ia juga menghabiskan tiga bulan tinggal bersama Araguarunas, sebuah kelompok asli di Amazon. Semua kunjungan ini didanai oleh penjualan spesimennya kepada kolektor dan institusi. Spesimen dari perjalanan ini disimpan di Gray Herbarium di Universitas Harvard dan Field Museum of Natural History di Chicago.

Dia sering memberi kuliah di San Francisco Bay Area , berbagi cerita dan foto perjalanannya. Catatan tentang ekspedisinya muncul secara teratur di The Gull, buletin Audubon Society of Pacific, antara 1926 dan 1935. Sierra Club Bulletin menerbitkan dua akun petualangannya, "Three Thousand Miles up Amazon "(SCB, 18: 1 [1933], 88-96), dan" Berkemah di Ekuator "(SCB, 22: 1 [1937], 85-91). Beberapa akun ekspedisinya dipublikasikan di Madrono , jurnal dari California Botanical Society . Itu juga menerbitkan catatan biografi setelah kematiannya pada tahun 1938 (Madrono, Oktober 1938, Vol. IV, No. 8, 274-275). Ia adalah anggota Masyarakat Botani California , Sierra Club , Asosiasi Audubon Pasifik, Sociedad Geografica de Lima, Peru , dan telah menjadi anggota seumur hidup Akademi Ilmu Pengetahuan California . Dia juga anggota kehormatan Departamento Forestal y de Casa y Pesca de Mexico. Mexía dikenang oleh rekan-rekannya karena keahliannya dalam kehidupan di lapangan dan ketahanannya dalam kondisi yang sulit, juga karena sifatnya yang impulsif dan kepribadiannya yang pemalu tetapi dermawan. Mereka memuji pekerjaannya yang cermat, cermat, dan keterampilannya sebagai seorang kolektor.

Ada kesepakatan substansial bahwa Mexía mengumpulkan sekitar 150.000 spesimen dalam masa hidupnya. Perkiraan spesies baru berkisar dari dua hingga 500. Sierra Club Bulletin memberinya kredit dengan dua genera baru. Mexianthus , dinamai untuk Mexía, adalah genus Asteraceae . Koleksi spesimennya dapat dilihat di California Academy of Sciences. Bagian-bagian digandakan di Akademi Ilmu Pengetahuan Alam , Philadelphia; Universitas Katolik, Washington, DC ; Field Museum of Natural History, Chicago ; Grey Herbarium , Universitas Harvard; Universitas California , Berkeley; dan museum serta taman botani penting di London, Kopenhagen, Jenewa, Paris, Stockholm, dan Zurich. Makalah pribadinya berada di Akademi Ilmu Pengetahuan California dan di Perpustakaan Bancroft di UC Berkeley.