Biografi June Almeida - Penemu Virus Corona

Biografi June Almeida - Penemu Virus Corona vaksin penyakit covid-19
June Dalziel Almeida (5 Oktober 1930 - 1 Desember 2007) adalah seorang virologis Skotlandia, pelopor dalam pencitraan, identifikasi, dan diagnosis virus. Keahliannya dalam mikroskop elektron membuatnya mendapat reputasi internasional. 

Pada tahun 1964, Almeida direkrut oleh Sekolah Medis Rumah Sakit St Thomas di London. Pada 1967, Almeida memperoleh gelar Doctor of Science (Sc.D.) atas dasar penelitiannya dan publikasi yang dihasilkan, saat bekerja di Kanada, di Toronto Cancer Institute di Toronto dan kemudian di London di St Thomas. 

Almeida kemudian melanjutkan penelitiannya di Royal Postgraduate Medical School (RPGMS),  yang kemudian menjadi bagian dari Imperial College School of Medicine. Almeida berhasil mengidentifikasi virus yang sebelumnya tidak dikenal, termasuk sekelompok virus yang kemudian dinamai coronavirus karena penampilannya yang seperti mahkota.

Inovasi dan wawasan tentang imun elektron mikroskop (IEM) Almeida berkontribusi pada penelitian terkait dengan diagnosis hepatitis B , HIV , dan rubella , di antara penyakit virus lainnya. Mikrograf elektronnya terus dimasukkan dalam buku pelajaran tinjauan virologi, beberapa dekade setelah dia memproduksinya.

Almeida pensiun pada 1985 di Bexhill-on-Sea dengan suami keduanya, Phillip Samuel Gardner, seorang rekan ahli virus, yang telah dinikahinya pada 1979 , dan yang meninggal pada 1994. Almeida meninggal di Bexhill karena serangan jantung pada 2007.