Biografi Anna Mani - Ilmuwan Fisika Wanita India

Biografi Anna Mani Ilmuwan Fisika dan Wanita Ahli Meteorologi dari IndiaAnna Mani yang lahir 23 Agustus 1918 adalah seorang fisikawan dan ahli meteorologi India. Sangat berdedikasi untuk pekerjaannya, Anna Mani tidak pernah menikah.

Dia dikaitkan dengan banyak organisasi ilmiah, termasuk Akademi Sains Nasional India, Masyarakat Meteorologi Amerika, Masyarakat Energi Matahari Internasional, dan Organisasi Meteorologi Dunia.

Dia pensiun sebagai Wakil Direktur Jenderal Departemen Meteorologi India dan menjabat sebagai profesor tamu di Raman Research Institute.

Mani memberikan kontribusi di bidang instrumentasi meteorologi, melakukan penelitian, dan menerbitkan banyak makalah tentang radiasi matahari, ozon, dan pengukuran energi angin.

Organisasi Meteorologi Dunia mengingatnya pada peringatan 100 tahun kelahirannya dan menerbitkan profil hidupnya bersama dengan sebuah wawancara.

Pada tahun 1994, Mani menderita stroke dan meninggal pada 16 Agustus 2001 di Thiruvananthapuram. Pada 23 Agustus 2022, Google menghormatinya dengan Google Doodle di ulang tahunnya yang ke 104.