Charles-Michel de l'Épée - Versailles Perancis

Charles-Michel de l'Épée - Pelopor Pendidikan Tuna RunguCharles Michel Abbe d I'Epee adalah seorang ahli pendidikan yang berasal dari Perancis yang pernah belajar teologi serta hukum. Dia lahir di Versailles, Perancis pada tanggal 15 November 1712 dan meninggal di Paris saat 23 Desember 1789. Dia merupakan pelopor pengadaan pendidikan bagi tuna rungu serta merawat mereka, yakni dengan cara meletakkan dasar-dasar sistematika pendidikan tuna rungu di Perancis.

Untuk mewujudkan impiannya tersebut, dia membangun sekolah bagi para tuna rungu atas biaya sendiri tahun 1770, meskipun pada akhirnya diambil alih pemerintah setelah terjadinya revolusi Perancis (1791). Charles Michel menjadi terkenal di seluruh Eropa, bahkan Raja Joseph II sendiri mengunjungi sekolah yang didirikannya. Selain itu, Raja Louis XVI juga membantu dirinya dengan kontribusi yang besar.

Dua tahun setelah kematiannya, tepatnya tahun 1791, the National Assembly memutuskan bahwa nama Charles Michel harus masuk dalam catatan sebagai salah satu orang yang dermawan bagi manusia yang lain, mereka juga memberikan dukungan kepada sekolah yang telah didirikan oleh Charles. Selanjutnya pada tahun 1838, sebuah monumen perunggu didirikan di atas makamnya di gereja Saint-Roch, Paris.