Matematikawan Persamaan Diferensial Parsial

Olga Ladyzhenskaya matematikawan Soviet dan Rusia persamaan diferensial parsial dan dinamika fluidaOlga Aleksandrovna Ladyzhenskaya Óльга Алекса́ндровна Лады́женская lahir 7 Maret 1922 - 12 Januari 2004 adalah seorang ahli matematika Soviet dan Rusia. Olga Ladyzhensky dikenal karena karyanya pada persamaan diferensial parsial (terutama masalah ke-19 Hilbert ) dan dinamika fluida. Ia memberikan bukti kuat pertama tentang konvergensi metode beda hingga untuk persamaan Navier-Stokes. Dia adalah seorang siswa dari Ivan Petrovsky. Ia dianugerahi Medali Emas Lomonosov pada tahun 2002.

Ladyzhenskaya lahir dan besar di Kologriv . Dia adalah putri dari seorang guru matematika yang dikreditkan dengan inspirasi awal dan cinta matematika. Pada Oktober 1937 ayahnya ditangkap oleh NKVD dan segera dibunuh. Olga muda bisa menyelesaikan sekolah menengah tetapi, karena ayahnya adalah " musuh rakyat ", dia dilarang masuk ke Universitas Leningrad. Setelah kematian Joseph Stalin pada tahun 1953, Ladyzhenskaya mempresentasikan tesis doktoralnya dan diberikan gelar yang telah lama ia dapatkan. Dia melanjutkan untuk mengajar di universitas di Leningrad dan di Steklov Institute , tinggal di Rusia bahkan setelah runtuhnya Uni Soviet dan deflasi gaji yang cepat untuk para profesor. Ladyzhenskaya masuk dalam daftar shortlist untuk calon penerima Medal Bidang 1958, akhirnya diberikan kepada Klaus Roth dan René Thom .

Olga Ladyzhenskaya matematikawan Soviet dan Rusia persamaan diferensial parsial dan dinamika fluidaDalam matematika , persamaan diferensial parsial ( PDE ) adalah persamaan diferensial yang berisi fungsi multivariabel yang sebelumnya tidak diketahui dan turunan parsialnya . PDE digunakan untuk merumuskan masalah yang melibatkan fungsi beberapa variabel, dan dapat diselesaikan dengan tangan, atau digunakan untuk membuat model komputer . Kasus khusus adalah persamaan diferensial biasa (ODEs), yang berhubungan dengan fungsi variabel tunggal dan turunannya. PDE dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena seperti suara , panas , difusi , elektrostatik , elektrodinamika , dinamika fluida , elastisitas , atau mekanika kuantum . Fenomena fisik yang tampak berbeda ini dapat diformalkan dengan cara yang sama dalam hal PDE. Sama seperti persamaan diferensial biasa yang sering memodelkan sistem dinamis satu dimensi, persamaan diferensial parsial sering memodelkan sistem multidimensi . PDE menemukan generalisasi mereka dalam persamaan diferensial parsial stokastik.

Dalam fisika dan teknik, dinamika fluida adalah subdisiplin mekanika fluida yang menggambarkan aliran fluida - cairan dan gas . Ini memiliki beberapa subdisiplin, termasuk aerodinamika (studi tentang udara dan gas-gas lain yang bergerak) dan hidrodinamika (studi tentang cairan yang bergerak). Dinamika fluida memiliki beragam aplikasi, termasuk menghitung gaya dan momen di pesawat , menentukan laju aliran massa minyak bumi melalui pipa , memprediksi pola cuaca , memahami nebula di ruang antarbintang dan memodelkan peledakan senjata fisi. Dinamika fluida menawarkan struktur sistematis — yang mendasari disiplin praktis ini — yang mencakup hukum empiris dan semi-empiris yang berasal dari pengukuran aliran dan digunakan untuk memecahkan masalah praktis. Solusi untuk masalah dinamika fluida biasanya melibatkan perhitungan berbagai sifat fluida, seperti kecepatan aliran , tekanan , kepadatan , dan suhu , sebagai fungsi ruang dan waktu. Sebelum abad kedua puluh, hidrodinamika identik dengan dinamika fluida. Ini masih tercermin dalam nama beberapa topik dinamika fluida, seperti magnetohidrodinamika dan stabilitas hidrodinamik , yang keduanya juga dapat diterapkan pada gas.