Abhijit Banerjee - Pemenang Hadiah Nobel

Biografi Abhijit Banerjee BiographyAbhijit Vinayak Banerjee ( Bengali : অভিজিৎ বিনায়ক বন্দ্যোপাধ্যায় ; kelahiran 1961) adalah seorang ekonom India Amerika yang terkemuka. Banerjee berbagi Hadiah Nobel Memorial 2019 dalam Ilmu Ekonomi dengan Esther Duflo dan Michael Kremer, "untuk pendekatan eksperimental mereka untuk mengurangi kemiskinan global." Ia adalah Profesor Ekonomi Internasional Ford Foundation di Massachusetts Institute of Technology. Dia bersama istri Esther Duflo adalah pasangan menikah keenam yang bersama-sama memenangkan Hadiah Nobel.

Abhijit Banerjee menikah dengan Dr. Arundhati Tuli Banerjee, seorang dosen sastra di MIT. Abhijit dan Arundhati memiliki satu putra bersama, sebelum mereka bercerai. Abhijit memiliki anak (lahir 2012) dengan co-peneliti dan profesor MIT Esther Duflo. Banerjee adalah pengawas bersama PhD Duflo dalam bidang ekonomi di MIT pada tahun 1999. Duflo juga merupakan Profesor Pengentasan Kemiskinan dan Ekonomi Pembangunan di MIT. Banerjee dan Duflo secara resmi menikah satu sama lain pada tahun 2015.

Banerjee adalah salah satu pendiri Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (bersama dengan ekonom Esther Duflo dan Sendhil Mullainathan ). Dia adalah afiliasi riset dari Inovasi untuk Tindakan Kemiskinan , dan anggota Konsorsium Sistem Keuangan dan Kemiskinan. Banerjee juga seorang rekan di Akademi Seni dan Sains Amerika dan rekan di Masyarakat Ekonometrik , dan juga telah menjadi Anggota Guggenheim dan Anggota Alfred P. Sloan. Dia adalah penulis bersama Poor Economics.