10 Penemu yang Berhubungan dengan Listrik

Biografi 10 Penemu yang Berhubungan dengan ListrikSejarah Penemuan Listrik - Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Fenomena listrik telah dipelajari sejak zaman purba, meskipun pemahaman secara teoritisnya berkembang lamban hingga abad ke-17 dan 18. Meski begitu, aplikasi praktisnya saat itu masih sedikit, hingga di akhir abad ke-19 para insinyur dapat memanfaatkannya pada industri dan rumah tangga. Perkembangan yang luar biasa cepat pada teknologi listrik mengubah industri dan masyarakat. Fleksibilitas listrik yang amat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tak terbatas seperti transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi, dan komputasi. Tenaga listrik saat ini adalah tulang punggung masyarakat industri modern.

1 William Gilbert adalah seorang pelopor penelitian tentang magnet yang terkenal pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I. Ia juga dikenal dengan sebutan Bapak ilmu listrik dan ilmu magnet. Gilbert menempuh pendidikannya di bidang kedokteran dan pada tahun 1573 ia menetap di London dan mulai membuka praktik.

2 Benjamin Franklin adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Pada tahun 1775 Franklin membuktikan bahwa petir adalah bentuk alami dari listrik.

3 Luigi Galvani adalah seorang fisikawan dan dokter Italia yang tinggal di kota Bologna. Pada tahun 1771 ketika sedang membedah kaki kodok, ia melihat bahwa pisau bedahnya yang logamnya berbeda jenis ketika didekatkan pada saraf kaki seekor kodok mati, terkejut dan bergerak. Galvani berpikir bahwa otot-otot katak pasti mengandung listrik.

4 Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta adalah seorang fisikawan, ahli kimia guru besar, pengarang, dan pada tahun 1792 penemu elemen baterai atau tumpukan Volta, juga penemu kondensator, eudimeter, pistol listrik, dan lampu udara.

5 Michael Faraday ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Pada 1831, Faraday menemukan solusi. Listrik dapat dihasilkan melalui magnet dengan gerak.

6 Heinrich Rudolf Hertz adalah fisikawan Jerman yang menemukan pengiriman energi listrik dari 2 titik tanpa kabel. Penemuannya yang paling mutakhir adalah electric charge jump. Namanya diabadikan dalam satuan frekuensi hertz. Hertz adalah unit SI untuk frekuensi.

7 Sir Joseph Wilson Swan FRS adalah seorang ahli fisika, ahli kimia, dan penemu bahasa Inggris. Dia dikenal sebagai pengembang awal independen dari bola lampu pijar yang sukses.

8 Thomas Alva Edison adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.

Pada tahun 1878 Joseph Swan, seorang ilmuwan Inggris, menemukan filamen lampu pijar dan dalam waktu dua belas bulan Edison membuat penemuan yang sama di Amerika. Swan dan Edison kemudian mendirikan perusahaan patungan untuk memproduksi lampu filamen praktis yang pertama.

9 Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika. Ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik. Lahir dan dibesarkan di Kekaisaran Austria, Tesla menyelesaikan pendidikannya dalam bidang teknik dan fisika tahun 1870-an. Saat ini unit pengukuran untuk medan magnet menggunakan nama Tesla.

10 George Westinghouse Jr adalah seorang pengusaha dan insinyur Amerika yang berbasis di Pennsylvania yang merupakan pelopor industri listrik. Westinghouse adalah seorang penemu Amerika yang terkenal dan industrialis yang membeli dan mengembangkan Motor paten untuk menghasilkan arus bolak balik milik Nikola Tesla. Karya Westinghouse, Tesla dan koleganya secara bertahap membujuk masyarakat Amerika bahwa masa depan terletak pada AC dan bukan DC (penggunaan generator AC memungkinkan transmisi blok besar listrik, listrik yang menggunakan tegangan yang lebih tinggi melalui transformer, yang tidak mungkin dilakukan melalui DC).


James Watt ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Pada awalnya ia tertarik dengan mesin uap karena memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang kurang efisien. Lalu ia terus melakukan beberapa percobaan & penelitian. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Satuan daya listrik

Charles-Augustin de Coulomb beliau adalah seorang ilmuwan Prancis yang diabadikan namanya untuk satuan muatan listrik, untuk menghormati penelitian penting yang telah dilakukan oleh ilmuwan ini. Satuan muatan listrik

André-Marie Ampère adalah fisikawan dan ilmuwan Prancis yang serba bisa yang juga merupakan salah satu pelopor di bidang listrik dinamis. Ia lahir di Polèmièux-au-Mont-d’Or dekat dengan kota Lyon. Satuan arus listrik

Georg Simon Ohm adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak mengemukakan teori di bidang elektrisitas. Karyanya yang paling dikenal adalah teori mengenai hubungan antara aliran listrik, tegangan, dan tahanan konduktor di dalam sirkuit, yang umum disebut Hukum Ohm. Satuan hambatan listrik

10 Penemu yang Berhubungan dengan Listrik, sejarah penemuan listrik, penemu listrik, biografi penemu listrik, nama ilmuwan yang menemukan tegangan listrik, penemu hambatan listrik, nama penemu lampu, penemu listrik dan lampu, sebutkan 10 penemu listrik, teks eksplanasi tentang penemuan listrik, penemu listrik adalah, penemu listrik pertama kali di dunia, penemu listrik ac, penemu listrik dc, penemu listrik statis, penemu listrik islam, penemu listrik siapa, penemu listrik michael faraday, penemu lampu, penemu lampu pijar, penemu lampu listrik pertama