Biografi Ștefania Mărăcineanu Fisikawan Rumania

Biografi Ștefania Mărăcineanu Ilmuwan Fisika Wanita RumaniaȘtefania Mărăcineanu yang lahir 18 Juni 1882 di Bukares adalah seorang fisikawan wanita asal Rumania. Putri dari Sebastian Mărăcineanu dan Sevastia ini tidak banyak diketahui tentang kehidupannya.

Dia menyelesaikan sekolah menengah di Central School for Girls di kota asalnya. Pada tahun 1907 ia mendaftar di Universitas Bucharest, menerima gelarnya dalam ilmu fisika dan kimia pada tahun 1910.

Setelah lulus, ia mengajar di Bucharest. Pada tahun 1915, ia mendapatkan posisi mengajar di Sekolah Pusat untuk Anak Perempuan di Bukares, posisi yang dipegangnya sampai tahun 1940.

Setelah Perang Dunia 1 dia memperoleh beasiswa ke Paris untuk melanjutkan studinya. Pada 1919 dia mengambil kursus radioaktivitas di Sorbonne dengan Marie Curie di Institut Radium hingga 1926 dan menerima gelar Ph.D.

Di Institut Mărăcineanu meneliti paruh polonium dan metode yang dirancang untuk mengukur peluruhan alfa. Karya ini membuatnya percaya bahwa isotop radioaktif dapat terbentuk dari atom sebagai akibat dari paparan sinar alfa polonium.

Pada tahun 1935, Frederic dan Irene Joliot-Curie putri ilmuwan Pierre Curie dan Marie Curie memenangkan Hadiah Nobel untuk penemuan radioaktivitas buatan meski Mărăcineanu adalah yang pertama membuatnya.

Stefania Mărăcineanu mengungkapkan kekecewaannya pada Irene Joliot-Curie yang telah menggunakan sebagian besar pengamatan pekerjaannya mengenai radioaktivitas buatan selama tahun-tahun penelitiannya di Paris.

Mărăcineanu menyelidiki kemungkinan sinar matahari menginduksi radio aktivitas. Pada tahun 1937 ia diangkat sebagai Direktur Penelitian oleh Akademi, dan pada tahun 1941 ia dipromosikan menjadi Profesor Associate.

Pada tahun 1942 Mărăcineanu pensiun. Mărăcineanu meninggal pada 15 Agustus 1944 karena kanker akibat paparan radiasi. Menurut beberapa sumber, dia dimakamkan di Pemakaman Bellu di Bukares.

Pada tahun 2013, Poșta Română mengeluarkan stempel peringatan untuk menghormati kegiatan ilmiah Mărăcineanu. Pada 18 Juni 2022, Google menghormati Mărăcineanu dengan Google Doodle pada hari jadinya yang ke 140.