Pendiri Canadian Film Centre Norman Jewison

Pendiri Canadian Film Centre Norman JewisonNorman Frederick Jewison, CC, O.Ont (lahir 21 Juli 1926; umur 92 tahun) adalah seorang sutradara, produser, pemeran dan pendiri Canadian Film Centre. Ia telah menyutradarai puluhan film fitur dan telah tiga kali dinominasikan pada Academy Award untuk Sutradara Terbaik pada tiga dekade terpisah untuk In the Heat of the Night (1967), Fiddler on the Roof (1971) dan Moonstruck (1987). Karya penyutradaraan lainnya meliputi The Cincinnati Kid (1965), The Russians Are Coming, the Russians Are Coming (1966), The Thomas Crown Affair (1968), Jesus Christ Superstar (1973), Rollerball (1975), F.I.S.T. (1978), ...And Justice for All (1979), A Soldier's Story (1984), Agnes of God (1985), Other People's Money (1991), The Hurricane (1999) dan The Statement (2003).

Canadian Film Centre (CFC) adalah organisasi amal di Toronto, Ontario, Kanada, yang mengoperasikan program pelatihan sekolah film tingkat lanjut untuk para profesional di industri film, televisi dan media digital Kanada, termasuk sutradara, produser, penulis skenario, aktor dan musisi. CFC didirikan pada tahun 1988 oleh pembuat film Kanada Norman Jewison sebagai Pusat Studi Film Lanjut Kanada; program pertama dihadiri oleh 12 penduduk. Kelas perdana termasuk penulis Robert Hunter, pembuat film Holly Dale, Gerald L'Ecuyer, Anne Petrie dan Peter Raymont, dan produser Ann Medina. Kampus sekolah terletak di Windfields Estate, bekas rumah raja bisnis Kanada E. P. Taylor.

Pada tahun 1991, setelah produser Robert Lantos menerima hadiah $ 250.000 dari Telefilm Kanada untuk menghormati Black Robe memenangkan Genie Award untuk Best Picture, ia segera menyumbangkan uang itu ke Pusat Film Kanada untuk membantu membangun unit filmnya, yang berfungsi sebagai studio film utama untuk proyek yang sedang dikembangkan oleh siswa CFC. Pada tahun 2005 Slawko Klymkiw, sebelumnya direktur eksekutif pemrograman jaringan Canadian Broadcasting Corporation menjadi CEO CFC. Pada tahun 2014, CFC meluncurkan Paviliun Penari Utara yang baru, sebuah gedung untuk menampung program studi multidisiplinnya, di kampus Windfields. Pada 2018, yang merupakan tahun ke 30 operasinya, CFC memiliki lebih dari 100 penduduk dan peserta dalam 16 program setiap tahunnya. CFC memiliki lebih dari 1.700 alumni dan 100 perusahaan mitra alumni hingga saat ini.

CFC menawarkan berbagai program dalam lima aliran media yang terpisah: film, televisi, musik, akting layar, dan media digital. Setiap aliran menawarkan program praktis, intensif, langsung yang dikelola di bawah bimbingan fakultas dan profesional industri, dan dioperasikan bersama dengan perusahaan hiburan dan lembaga pendidikan termasuk Cineplex Entertainment, Dewan Film Nasional Kanada, Telefilm Kanada, NBC Universal , Slaight Communications, DHX Media, Bell Media, Canadian Broadcasting Corporation dan OCAD University.