Sutradara Jerman Pelopor Animasi Siluet

Charlotte Lotte Reiniger Wikipedia Indonesia - Pelopor Animasi SiluetCharlotte Lotte Reiniger lahir di Berlin- Charlottenburg pada 2 Juni 1899. Sebagai seorang anak, ia terpesona dengan seni Cina siluet wayang, bahkan membangun dirinya teater boneka sendiri, sehingga dia bisa meletakkan pada acara untuk keluarga dan teman-teman. Sebagai seorang remaja, Reiniger jatuh cinta dengan bioskop, pertama dengan film-film Georges Méliès karena adanya efek khusus , maka film dari aktor dan sutradara Paul Wegener, yang dikenal hari ini untuk The Golem (1920). Pada tahun 1915, dia menghadiri ceramah oleh Wegener yang difokuskan pada kemungkinan fantastis animasi. Reiniger akhirnya meyakinkan orangtuanya untuk memungkinkan dia untuk mendaftarkan diri dalam kelompok bertindak yang Wegener milik, Teater Max Reinhardt. Dia mulai membuat potret siluet dari berbagai aktor di sekelilingnya, dan segera dia membuat kartu judul rumit untuk film Wegener, banyak yang menampilkan siluetnya.

Dengan munculnya Partai Nazi , Reiniger dan Koch memutuskan untuk berhijrah (keduanya terlibat dalam politik sayap kiri ), tetapi menemukan bahwa tidak ada negara lain akan memberi mereka visa permanen. Akibatnya, pasangan menghabiskan tahun-tahun 1933-1944 pindah dari satu negara ke negara, tinggal selama visa akan memungkinkan. Mereka bekerja sama dengan Jean Renoir di Paris dan Luchino Visconti di Roma. Entah bagaimana, mereka berhasil membuat 12 film selama periode ini, yang paling terkenal sebagai Carmen (1933) dan Papageno (1935), baik berdasarkan opera populer ( Bizet 's Carmen dan Mozart ' s Die Zauberflöte ). Ketika Perang Dunia II dimulai mereka tinggal dengan Visconti di Roma sampai tahun 1944, kemudian pindah kembali ke Berlin .

Charlotte Lotte Reiniger Wikipedia Indonesia - Pelopor Animasi SiluetPada tahun 1935, Reiniger dan Koch pindah ke London, di mana dia membuat beberapa film iklan singkat untuk John Grierson dan nya Satuan Kantor Pos Umum Film (kemudian berganti nama menjadi "Film Satuan Crown"). Sementara dia tinggal di London pada awal 1950-an ia menjadi teman dengan "Freddie" Bloom, yang adalah direktur pertama dari National Deaf Children Society dan memintanya untuk merancang sebuah logo untuk amal baru. Reiniger menanggapi dengan memotong empat anak-anak berjalan ke atas bukit. Bloom kagum pada keahliannya dengan gunting - dalam beberapa saat dia menciptakan sekitar empat siluet yang berbeda dari anak-anak dari kertas hitam. logo digunakan sampai tahun 1990-an, ketika sebuah perusahaan desain diundang untuk merubah itu. Hasilnya adalah modifikasi yang sangat kecil, tapi desain baru ini dijatuhkan beberapa tahun kemudian.

Dengan Louis Hagen Jr (putra pemodal Reiniger untuk Pangeran Achmed di Potsdam), mereka mendirikan Primrose Productions pada tahun 1953 dan, selama dua tahun ke depan, menghasilkan lebih dari selusin film siluet pendek berdasarkan Grimms 'Fairy Tales untuk BBC dan Telecasting Amerika. Reiniger juga disediakan ilustrasi untuk tahun 1953 buku Raja Arthur dan Knights Nya dari Round Table oleh Roger Lancelyn Hijau. Reiniger dianugerahi Filmband di Gold dari Deutscher Filmpreis pada tahun 1972; pada tahun 1979 ia menerima Besar Palang dari Order of Merit Republik Federal Jerman . Reiniger meninggal di Dettenhausen, Jerman, pada 19 Juni 1981, pada usia 82.