Penemu Prangko dan Sejarah Pos Perangko

siapa Penemu Prangko dan Sejarah PerangkoSir Rowland Hill KCB, FRS adalah seorang guru Britania Raya. Ia mengampanyekan reformasi atas sistem pos. Ia umumnya dikenal atas konsep dasar sistem layanan pos modern termasuk perangko yang diciptakannya. Rowland Hill lahir pada tanggal 3 Desember 1795 di Kidderminster, Inggris dari keluarga Thomas Wright Hill. Sejak umur sebelas tahun Rowland Hill telah membantu ayahnya dalam menyelenggarakan sebuah sekolah. Pada usia tigapuluh satu tahun, Rowland Hill pindah dari Birmingham ke suatu tempat dekat London, bersama saudaranya Rowland Hill mendirikan sebuah sekolah istimewa di Bruce Castle di Tottenham.

Rowland Hill mencoba kehidupan sebagai seorang guru mengikuti jejak ayahnya. Dalam kariernya sebagai guru, Rowland Hill memperkenalkan sistem mengajar yang disebut "Hazelwood". Sistem ini mengungkapkan bahwa mengakui kebenaran adalah sangat penting bagi mahasiswa yang demokratis agar pendidikan bisa berhasil. Gagasan Rowland Hill juga menekankan pendidik memiliki disiplin diri yang kuat. Pada tahun 1930, ketika negara Inggris berkembang menjadi negara industri, transportasi mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan. Jalan kereta api mulai membentang dari Barat ke Timur dan dari Utara ke Selatan.

Pada waktu itu, Rowland Hill memikirkan bagaimana mendapatkan pemasukan uang untuk kaskerajaan dari pajak pengiriman surat-surat. Bahkan pikiran dari pajak pengiriman surat-surat. Bahkan pikiran Rowland Hill juga diganggu dengan pemberian hak bagi anggota Majelis Rendah dan Majelis Tinggi dalam parlemen untuk dapat mengirim surat secara cuma-cuma tanpa batas selain itu sistem pembayaran biaya pengiriman surat oleh penerima juga banyak merugikan dinas pos. Hal tersebut dilihat oleh Rowland Hill sebagai suatu pemborosan dan sangat merugikan kas kerajaan.

Oleh karena itu, pada tahun 1837 Rowland Hill mengajukan usul ke parlemen yang berhubungan dengan tata kelola pos, hingga akhirnya lahirnya perangko pertama. Rowland Hill yang bukan orang Dinas Pos kemudian pada tahun 1846 ditunjuk menjadi sekertaris Postmaster General. Antara tahun 1854-1856 Rowland Hill mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Perusahaan Jawatan Pos, Suatu kedudukan yang tinggi waktu itu. Pada tahun 1860 Rowland Hill menerima penghargaan tertinggi dengan gelar "Knight".

Ia diangkat sebagai orang yang berhasil dan berbuat sosial tingkat nasional dan berhak menggunakan gelar "Sir" di depan namanya. Pada tahun 1864 ketika ia pensiun, parlemen memberikan hadiah 20000 Poundsterling dan berhak setiap tahunnya menerima pensiun sebesar 2000 poundsterling. Rowland Hill, yang akhirnya mendapat julukan sebagai Bapak Prangko Dunia, meninggal di Hampstead pada tanggal 27 Agustus 1879 dan dimakamkan dengan upacara kebesaran nasional di Westminster Abbery, London.