Penemu CD - Compact Disc - Cakram Padat

James T. Russell Penemu CD DVD - Compact Disc atau Cakram PadatJames T. Russell yang lahir 1931 di Bremerton, Washington adalah penemu Compact Disc atau Cakram Padat dari Amerika. Dia meraih BA dalam fisika dari Reed College di Portland pada tahun 1953. Dia bergabung dengan General Electric laboratorium 's terdekat di Richland, Washington, di mana ia memulai banyak jenis instrumentasi eksperimental. Dia merancang dan membangun pembakar sinar elektron pertama. Pada tahun 1965, Russell bergabung dengan Pacific Northwest National Laboratory of Battelle Memorial Institute di Richland. Pada tahun 1965, Russell menemukan konsep keseluruhan perekaman digital optik dan pemutaran.

Cakram padat (bahasa Inggris: compact disc, disingkat CD) adalah cakram optik digital yang digunakan untuk menyimpan data. Sejak diperkenalkan secara resmi pada tahun 1982, CD memperoleh puncak penjualan pada tahun 2000 yang mencapai 2.445 juta keping. Kelemahan dari CD adalah kualitas suara yang dihasilkan tidak sebagus yang ada di pita kaset yang merupakan suara standar sinus murni, akan tetapi merupakan trap atau tangga yang berbentuk sinus dari hasil perubahan sinyal digital ke sinyal analog. Kelebihan dari CD adalah minimnya desah seperti yang ditimbulkan kaset. Selain itu, bentuk CD sangat ringan dan mudah dibawa serta merupakan media yang tahan lama. CD menawarkan kapasitas penyimpanan data yang besar serta kapabilitas produksi yang lebih efisien.

James T. Russell Penemu CD DVD - Compact Disc atau Cakram PadatSejarah

1970 Philips memulai penelitian mengenai ALP (Audio Long Play), sebuah sistem audio untuk menghadapi teknologi rekaman vinyl dengan menggunakan teknologi laser. Lou Otters, Direktur teknik dari divisi audio di Philips, menyarankan agar format fisik ALP harus lebih kecil dari format rekaman Vinyl dan dapat memuat rekaman musik selama satu jam. Kerja sama antara Sony dan Philips berfokus kepada bagimana membentuk CD lebih kecil, mereka mempunyai ide untuk membuat CD sanggup memuat quadraphonic Sound tetapi berakibat ukuran CD membesar menjadi berdiameter 20 cm, rencana itu digagalkan.

1977 Philips memulai mengambil inisiatif untuk membuat format baru audio, dan banyak nama yang didiskusikan, seperti Mini Rack, MiniDisc, atau CompactRack, tetapi nama yang diambil adalah Compact Disc karena mengingatkan kepada kesuksesan Compact Cassette.

1979 Philips membuat press Conference di Eindhoven, Jerman untuk memamerkan CD dengan kualitas audio yang sangat baik (High audip quality).Philips berkelana ke Jepang untuk mengadakan perundingan pembuatan format standar dari keping audio, dan Philips mendapatkan kesepakan dengan Sony. Philips menawarkan durasi panjang perekaman dan daya tahan terhadap kerusakan cakram seperti goresan halus dan sidik jari, sementara itu Sony menawarkan metode koreksi kesalahan (error-correction method). Ukuran awal yang ditawarkan Philips adalah 11,5 cm, tetapi pihak Sony menolaknya dengan alasan bahwa cakram harus mampu merekam keseluruhan lagu dari Beethoven`s 9th Symphony, oleh karena itu diameter CD naik menjadi 12 cm untuk memuat data ekstra.

1980: Philips dan Sony memproduksi “Red Book”, yang di dalamnya tercantum standardisasi mengenai Cakram digital, dari sini mereka mulai bekerja terpisah untuk merancang CD yang akan diproduksi.
1982: Philips memproduksi pemutar CD pertama kalinya.
1983: Penerbitan “Yellow Book”. Yang di dalamnya memuat standardisasi dari Compact Disc – Read Only Memory (CD-ROM), yang menjadi sebuah standar CD berbasis komputer dan hal ini juga digunakan sebagai standardisasi bagi setiap komputer untuk mampu membaca drive CD-ROM.
1985: Dire Straits dengan Brother In Arms, menjadi artist yang menjual lebih dari satu juta kopi cakram, dan rekor ini masih menjadi rekor album CD terlaris.
1986: Penerbitan “Green Book”, di dalamnya terdapat teknologi CD-Interactive, yang digunakan untuk mensinkornasikan antara audio dan data di dalam CD-ROM. Yang ditunjukan untuk menampung full motion video yang dikombinasikan dengan interaktivitas.Perkembangan selanjutnya terciptanya CD-RW, perangkat cakram padat yang dapat digunakan secara berulang-ulang, perangkat ini mempunyai kemampuan seperti disket ataupun hard drive, dapat ditulis ulang berkali-kali.
1998: Empat ratus Miliar CD telah diproduksi.
2000: Format MP3 Diluncurkan dan mulai memengaruhi penjualan CD
2008: Penjualan CD menurun 20% dibandingkan penjualan pada tahun 2000.

Awal teknologi perekaman optik, yang merupakan dasar fisik videodisc, CD dan DVD teknologi, pertama kali diterbitkan/diajukan oleh Dr. David Paul Gregg pada tahun 1958 dan Philips peneliti, Kramer dan Compaan, pada tahun 1969. Penemuan digital optik Russell yang tersedia untuk umum dari tahun 1970. Russell juga menemukan sebuah optik, massal paralel, sistem memori yang tidak menggunakan bagian yang bergerak. Konsep ini diajarkan dalam enam paten. Dia telah mengembangkan konsep untuk sistem transportasi novel dan struktur perkotaan. Pada bulan Juli 2007, Russell diselenggarakan 54 paten AS. Pada tahun 2000, Russell menerima The Vollum penghargaan dari Reed College. Pada tahun 2004, Russell melakukan konsultasi dari laboratorium di-rumah, di Bellevue, Washington.