Biografi Zhang Yiming | Pendiri Penenu TikTok

Zhang Yiming 张一鸣 TikTok CEO Shou Zi ChewZhang Yiming 张一鸣 yang lahir 1 April 1983 di Longyan adalah seorang miliuner dan wirausahawan internet asal China. Dia mendirikan ByteDance pada 2012 dan agregator berita Toutiao serta platform berbagi video TikTok. Zhang Yiming mengenyam pendidikan di Universitas Nankai dan mendirikan Beijing ByteDance Technology. Zhang Yiming dikenal sebagai pendiri dan pemimpin ByteDance, serta pencipta Douyin atau TikTok.

Pada September 2015, ByteDance meluncurkan TikTok sebagai platform media sosial global. Sebelum sukses menjadi miliarder, perjalanan Yiming tak selalu mulus. Dia harus gagal berkali-kali dan ditolak oleh investor. Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan pribadi Zhang berjumlah sekitar $44.5 miliar. Zhang Yiming mundur dari jabatan CEO ByteDance dan beralih ke jabatan baru dalam perusahaan tersebut.

Lengsernya Zhang Yiming bertepatan dengan semakin ketatnya pengawasan pemerintah China pada para pebisnis besar. Hal tersebut karena kecemasan terhadap kekuasaan dan popularitas mereka tidak terkendali. ByteDance sendiri termasuk salah satu perusahaan yang diperingatkan China soal masalah privasi para pengguna dan dominasinya. Yiming sendiri mengaku mundur agar bisa lebih leluasa menikmati hidupnya.

Soal uang tentu bukan masalah karena Yiming memiliki kekayaan hingga 629 triliun rupiah. Ia juga termasuk dalam 40 orang terkaya di dunia menempati posisi ke 39. Dia mengaku bukan seorang manajer yang brilian. Kini tongkat estafet sebagai CEO akan diopernya kepada Liang Rubo, yang merupakan sesama pendiri ByteDance. Liang Rubo sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM di perusahaan induk TikTok tersebut.

Di sisi lain, TikTok sebagai layanan berbagi vidio yang populer, sedang menjadi pusat perhatian. Nasibnya saat ini sudah di ujung tanduk, karena layanannya akan diblokir sepenuhnya di Amerika Serikat. CEO TikTok, Shou Zi Chew, dengan lantang menegaskan di depan kongres bahwa layanannya bukan perusahaan dan antek China, melainkan sebuah perusahaan global yang induknya berasal dari negeri China.