Wilder Penfield - Ahli Bedah Otak dan Syaraf

Wilder Penfield - Wikipedia IndonesiaWilder Graves Penfield OM CC CMG FRS (26 Januari 1891 - 5 April 1976) adalah seorang ahli bedah saraf perintis Amerika Kanada yang pernah dijuluki sebagai "orang Kanada yang hidup paling hebat." Ia memperluas metode dan teknik operasi otak, termasuk memetakan fungsi berbagai daerah otak seperti homunculus kortikal. Kontribusi ilmiahnya pada stimulasi saraf berkembang di berbagai topik termasuk halusinasi, ilusi, dan déjà vu. Penfield mencurahkan banyak pemikirannya pada proses mental, termasuk kontemplasi apakah ada dasar ilmiah untuk keberadaan jiwa manusia.

Pada tahun 1960, tahun ia pensiun, Penfield dianugerahi Medali Lister atas kontribusinya terhadap ilmu bedah. Dia menyampaikan Orasi Lister yang sesuai, "Aktivasi Rekaman Pengalaman Manusia", di Royal College of Surgeons of England pada tanggal 27 April 1961. Pada tahun 1967, dia diangkat menjadi Sahabat Ordo Kanada dan, pada tahun 1994, anumerta dilantik menjadi Canadian Medical Hall of Fame. Sebagian besar materi arsipnya tersimpan di Perpustakaan Osler di McGill University.

Di tahun-tahun berikutnya, Penfield mengabdikan dirinya untuk kepentingan umum, terutama untuk mendukung pendidikan universitas. Bersama teman-temannya, Gubernur Jenderal Georges Vanier dan Pauline Vanier , dia mendirikan Institut Keluarga Vanier "untuk mempromosikan dan membimbing pendidikan di kelas pertama rumah tangga." Dia juga merupakan pendukung awal bilingualisme masa kecil. Penfield meninggal pada tanggal 5 April 1976, menderita kanker perut di Royal Victoria Hospital di Montreal.