Daftar Penemu Pendiri Situs Internet Populer

Daftar Penemu dan Pendiri Situs Internet PopulerSiapa Penemu Google, Facebook, WhatsApp dan berbagai penemu dan pendiri atau penggagas situs-situs yang saat ini memang setiap orang sangat akrab dan tengah populer serta berdampak besar di internet. Sebagai pengguna hasil karyanya lebih baik lagi kita mengetahui siapa penemu situs-situs yang berdampak besar di internet tersebut.

Berikut Situs yang Berpengaruh di Dunia Internet :

1. Penemu Google : Larry Page dan Sergey Brin

Google Inc, merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008). Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Stanford University dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998.

2. Penemu Yahoo : David Filo dan Jerry Yang

David Filo dilahirkan 20 April 1966 di Wisconsin, Amerika serikat. dia merupakan salah satu dari pendiri website Yahoo. David filo melanjutkan pendidikan program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University. Di sana, david filo Yang berkenalan dengan teman sekampusnya Jerry Yang. Lewat pertemanan bersama Jerry Yang, filo Yang mulai menyukai kegiatan surfing di internet, hingga menghabiskan waktunya berjam-jam berada di depan komputer.

3. Penemu Facebook : Mark Elliot Zuckerberg

Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg berawal dari sebuah network project, Mark yang dibantu tiga orang temannya berhasil menciptakan social network yang beranggotakan anak-anak kampusnya di Harvard. Dalam hitungan bulan Facebook meluas ke kampus-kampus lain seperti MIT, NYU, Boston University, dll sampai akhirnya resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat luas.

4. Penemu Twitter : Jack Dorsey

Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling populer saat ini. Twiiter didirikan oleh Jack Dorsey dibantu oleh dua orang temannya, Biz Stone, dan Evan Williams. Ketika usianya baru 24 tahun, Jack ingin membuat sebuah jejaring sosial dimana ia bisa berbagi kabar dengan teman-temannya secara cepat.

5. Penemu Blogger : Evan Williams dan Meg Hourihan

Evan Williams dan Meg Hourihan adalah dua tokoh pendiri perusahaan Pyra Labs. Produk pertama dari Pyra Labs bernama "Pyra". Pyra merupakan sebuah Aplikasi Web yang menggabungkan project manager, contact manager, dan to-do list. Pada tahun 2009, dasar-dasar Pyra di reporpuse menjadi sebuah in-house tool menjadi "Blogger". Blogger secara resmi diluncurkan oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999.

6. Penemu WordPress : Charless Mullenweg

Ia adalah pendiri sekaligus pengembang situs blogging WordPress. Ide untuk membuat WordPress didapatnya ketika usianya baru 18 tahun (2002), tetapi baru pada usia 19 tahun Matt dan rekannya, Mike Little, mulai mengembangkan coding wordpress. Walaupun di Drop Out (DO) oleh kampusnya, Matt berhasil membuktikan bahwa ia bisa menjadi pengusaha muda dan sukses.

7. Penemu Youtube : Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim

Youtube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal : Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Youtube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umunya video-video di Youtube adalah klip music (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

8. Penemu Tumblr : David Karp

Tumblr adalah situs mini-blogging yang didirikan sekaligus pengembang yaitu David Karp. Pada usia 19 tahun, Karp berhasil menciptakan sebuah situs mini-blogging dengan desain dan aplikasi yang berbeda dibanding blogger atau wordpress. Meskipun sudah terkenal dan kaya lewat Tumblr, kini Karp sedang sibuk menjalani profesi sebagai foto model sebuah brand terkemuka di Jepang.

9. Penemu Pinterest : Paul Sciarra, Ben Silbermann, dan Evan Sharp

Pinterest diluncurkan pertama kali ke publik dalam versi beta pada awal Maret 2010 oleh Paul Sciarra, Ben Silbermann, dan Evan Sharp bergabung pada tahun 2011. Majalah Forbes bahkan mencatat Pinterest sebagai salah satu social media tercepat perkembangannya di tahun 2011.

10 Penemu Friendster - Jonathan Abrams

Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa inggris, lalu menyebar hingga ke asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia.

Penemu Lainnya :

Pendiri Wikipedia - Jimmy Wales dan Larry Sanger
Penemu WhatsApp Inc : Brian Acton dan Jan Koum
Penemu WeChat dan Tencent Inc - Ma Huateng
Penemu KakaoTalk - JB Lee dan Brian Kim
Penemu LINE Mesengger - Lee Hae-Jin
Penemu Instagram - Kevin Systrom dan Mike Krieger
Penemu Path - Dave Morin, Shawn Fanning dan Dustin Mierau