Perintis Radio - Jagadish Chandra Bose

Perintis Dunia Radio - Jagadish Chandra BoseSir Jagadish Chandra Bose, CSI, CIE, FRS (Bengali: জগদীশ চন্দ্র বসু Jôgodish Chôndro Boshu) (30 November 1858 – 23 November 1937) adalah seorang fisikawan, ahli biologi, ahli botani, arkeolog dan seorang penulis cerita fiksi ilmiah asal Benggala, India. Dia seorang perintis dalam penelitian radio dan gelombang elektromagnetik, memberi kontribusi yang sangat besar dalam bidang tumbuhan sehingga meletakkan dasar yang kuat bagi penelitian selanjutnya di benua India. Ia dianggap sebagai bapak dunia radio, dan juga bapak cerita fiksi ilmiah berbahasa Bengali. Bose merupakan orang India pertama yang mendapatkan hak paten dari Amerika Serikat pada tahun 1904.

Semasa hidupnya, Bose juga mengalami diskriminasi dari pemerintah Inggris yang tidak mau menerima kenyataan bahwa ada ilmuwan yang lebih jenius daripada orang Eropa, sehingga kejeniusannya ini seakan-akan tenggelam tak tersentuh kalangan ilmuwan barat saat itu bahkan terus terabaikan beberapa tahun setelah ia meninggal. Baru setelah lima puluh tahun kemudian para ilmuwan di Uni Sovyet memberi penghormatan tinggi pada dia dengan mengadakan peringatan 100 tahun kelahiran Bose pada tahun 1958 kemudian menerbitkan karangan-karangan ilmiah dia yang selama masa hidupnya tidak pernah dipublikasikan oleh Royal Society London menjadi sebuah buku tebal dan juga memulihkan namanya di dunia ilmuwan.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency")) pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.