Biografi Penemu Radio - Guglielmo Marconi

Penemu Radio - Guglielmo MarconiRadio yang ada sekarang kita gunakan baik berupa kotak mandiri ataupun tertanam di Handphone atau bentuk lain yang lebih kecil memiliki sejarah penemuan yang panjang. Adalah Guglielmo Marconi yang lahir pada 25 April 1874 seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, Dia terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio". Ia menerimanya bersama Karl Braun tahun 1909.

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, anak laki-laki kedua dari Giuseppe Marconi, seorang pria Italia kaya raya dan Annie Jameson yang berdarah Irlandia. Dia menyelesaikan pendidikannya di Livorno. Pada tanggal 15 Juni 1927 Guglielmo Marconi menikah dengan Maria Cristina Bezzi-Scali dan mempunyai seorang anak perempuan yang bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. Marconi wafat pada 20 Juli 1937 pada usia 63 tahun di Roma, Italia.

Perjalanan Hidup - Guglielmo Marconi mendapat pendidikan privat dari seorang guru. Sekitar Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh tahun, beberapa tahun sebelumnya Marconi telah membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Setelah membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz tentang gelombang elektromagnetik, kemudian muncullah ide dari Marconi yang menyatakan bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Setahun Setelah itu yakni tahun 1895 Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan pada tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an.

Sebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, berbagai tuntutan di pengadilan segera hilang sesudah tahun 1914, tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi. Pada tahun berikutnya Marconi melakukan penyelidikan penting lainnya di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave.

Marconi terkenal dengan penemu radio, namun hal yang paling penting adalah teorinya tentang gelombang elektromagnetik yang dapat mengirimkan sesuatu tanpa kawat penghantar atau disebut pula dengan gelombang radio, Marconi tidak menemukan televisi. Tetapi, penemuan radionya merupakan pembuka jalan penting ditemukannya televisi.

Penemuan Marconi tentang radio bermanfaat untuk pengiriman berita, hiburan, keperluan militer, penyelidikan ilmiah, tugas-tugas kepolisian, dan lain-lain. penggunaan radio begitu luar biasa sehingga penggunaannya bisa mencapai mobil, kapal di lautan, pesawat yang sedang mengudara, bahkan pesawat ruang angkasa. Jelas merupakan penemuan lebih penting jika dibandingkan dengan telephone karena berita-berita yang dikirim dengan telephone dapat pula dikirim lewat radio, selain itu pesan-pesan lewat radio dapat dikirim ke tempat-tempat yang tak bisa dijangkau oleh telephone.